Minggu, 01 Desember 2013

Bahan Alami Mengatasi Jerawat

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

Oleh: dr. Jessica Florencia
Masalah jerawat adalah masalah semua orang. Dalam mencegah dan mengatasi jerawat, perawatan kulit memegang peranan penting. Beberapa bahan herbal Indonesia cukup banyak yang dapat bermanfaat untuk merawat kulit untuk mencegah dan mengatasi jerawat.
Bahan-bahan herbal ini telah diteliti dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, antara lain:
  1. Kunyit. Bahan aktif dalam kunyit yaitu curcumin ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah.
  2. Manggis. Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan.
  3. Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Perawatan masker daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit kasar.
  4. Temulawak. Bahan aktif dalam temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri.
  5. Tea Tree. Minyak daun tea tree memiliki efek anti bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan efek spesifik anti bakteri yang khusus menyebabkan jerawat. Dosis yang dapat digunakan adalah 5-15% larutan, 2 kali sehari.
Banyak bahan-bahan herbal yang diduga dapat berperan dalam perawatan kulit, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk itu, pastikanlah Anda teliti dalam menggunakan produk-produk kesehatan kulit.
Perawatan kulit yang baik dan tekun akan menunjang usaha pencegahan dan pengobatan jerawat. Lakukan perawatan sewajarnya, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan malah memperparah jerawat. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda merasa ragu dengan pilihan perawatan kulit Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar